21 July 2015

KKN20 - Idul Fitri 1436 H

*Sebelum berucap, saya ingin bercerita terlebih dahulu. 

Baru kali ini, saya merasakan malam 1 syawal atau malam takbiran di tempat lain. Tempat baru yang belum pernah ada apa-apa atau siapa-siapa sebelumnya. Ya, malam takbiran di tempat KKN, neng pinggir laut - turene Bapak *tapiNggakPinggirPasKok :v. 

Oke, jadi yang masih menempati tempat KKN di sub unit saya tinggal tiga orang, saya dan dua orang teman saya. Yang lain sudah pada pulang H-1 kemarin. Saya sengaja memilih untuk "mengambil izin" di H+1 karena sejak tidak ada mbah, keluarga Bapak biasa melakukan "silaturahim" pada H+3 - sekalian biar bisa bareng sekeluarga komplit, kan mas-mas saya sudah "punya keluarga" semua :'D

Dimulai dari buka terakhir di bulan Ramadhan tahun ini bersama temen-temen sub unit sebelah di Pantai Baru. Suasana pantai yang menjadi hal biasa bagi saya. Termasuk tiupan angin yang sangat kencang waktu itu. Kami di pantai sampai waktu Isya. Kemudian saya dan dua teman se sub unit bersiap untuk mengikuti acara takbir keliling bersama warga dusun.

Nah ini, biasanya saya hanya takbiran di rumah atau di mushola saja. Tetapi kali ini saya mengikuti takbir keliling bersama warga dusun mengililingi sebagian Bantul - sepertinya Bantul Selatan dengan mengendarai motor sampai malam. Yang ikut tidak hanya pemuda ataupun anak-anak saja, tetapi benar-benar dari berbagai kalangan usia. Dari bayi sampai kakek-nenek ada. dengan beberapa truk dan banyak sepeda motor dengan ditandai bendera merah putih di kaca spion masing-masing, sekitar dua jam lebih kami berkeliling. Dan sepertinya warga daerah sini (dari berbagai dusun) emang biasa melakukan takbir keliling dengan cara seperti ini. Tidak jarang saya menjumpai rombongan motor atau kendaraan lain seperti bus mini di sepanjang mengelilingi sebagian daerah Bantul ini.

Emh.. dari perbedaan suasana di rumah dan di sini pastilah ada plus-minusnya. Semua kembali ke niat masing-masing. 

Sampai pada hari esok tiba. Hari H. Sholat idul fitri tidak bersama Ibu-Bapak. :". Hanya bersama satu teman se-sub unit saya. Dilanjut dengan berkeliling ke beberapa rumah warga bersama bapak pondokan dan halalbihalal di masjid.

Dan pada akhirnya, 
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H
Taqabbalallahu minna wa minkum
Shiyamanaa wa Shiyamakum
- Mohon maaf lahir dan batin -

No comments:

Post a Comment

back-to-top
Berteman