10 September 2023

Sesuatu-Sesuatu yang Tidak Enak yang Telah Berlalu

Teringat akan sesuatu-sesuatu yang tidak enak, ah boleh disebut saja masalah. Masalah-masalah yang pernah terlewati pada masa-masa sebelum masa ini. 

Hari-hari dilalui begitu tidak nyaman, sesak, menahan air mata yang terkadang tak ada alasan logis yang mendasari untuk keluar. Setiap malam tertidur dengan terpaksa dan terkadang merasuki bunga tidur yang seharusnya indah dan harum, namun tidak sama sekali. Terkadang semakin menyesakkan. Setiap pagi mengumpulkan mood baik, perasaan baik, dan segalanya yang baik untuk menghadapi hari itu dengan baik, begitu harapannya, begitu keinginannya. Namun seringkali gagal dan tak kunjung berhasil mencapai hari yang diidamkan, dimana akan ada perasaan bahagia sesungguhnya yang seharusnya mendukung segala aktivitas setiap harinya.

Masalah-masalah yang telah lalu, ada yang hanya berhari-hari, ada yang berbulan-bulan, bahkan ada yang bertahun-tahun. Sesekali merasakan baik-baik saja, tetapi hanya sekejab. Seolah menambah energi sedikit yang nyaris hidup. Karena pada dasarnya kita harus bertahan.

Namun, pada saat mulai bisa bersahabat dengan masalah atau bisa disebut masalah itu selesai, memang terasa suatu kelegaan. Sangat kelegaan. Alhamdulillaah. Bahkan seringkali muncul pemikiran seperti "kenapa sih sampai merasa berlebihan seperti itu?", intinya banyak sesuatu-sesuatu yang saat ini rasanya adalah sesuatu yang sangat biasa (tidak "tidak enak"), sesuatu yang terlihat sangat mudah untuk dilalui, tetapi waktu itu rasanya memang sangat beraat.

Begitu juga saat ini.
Pasti akan terlewati.
Pasti akan terasa begitu mudah jika dilihat di masa depan.

No comments:

Post a Comment

back-to-top
Berteman