12 April 2015

Namanya Reno?

Tadi siang, ketika saya hendak masuk kamar, tiba-tiba secara sekilas saya melihat ada "hewan" yang bergerak di bawah almari. Seperti cicang (maksudnya cacing ya, saya memang sering menyebut nama hewan ini dengan sebutan itu) tapi berjalan lebih cepat seperti kelabang dan lebih kurus. Karena "waspada" apabila hewan itu berbahaya (apalagi dekat kamar saya :( ), maka secara langsung saya segera mengambil palu yang kebetulan berada cukup dekat untuk memukulnya. Dan.. ketika saya pukul, tiba-tiba ada sesuatu yang menyala berwarna hijau (glowing gitu). Awalnya saya kira itu cahaya dari jendela. Eh, tetapi ternyata bukan. Apalagi setelah saya pukul lagi, sesuatu yang menyala itu bertambah. Hingga sampai akhirnya hewan itu "pergi untuk selamanya", sesuatu yang menyala itu pun juga semakin hilang. Dan saya langsung membuangnya serta segera membersihkan palu dan "TKP" untuk berjaga-jaga akan efek sesuatu yang menyala tadi. 

Oke, setelah semua beres, saya langsung tanya ke mbah gugel tentang ini. Dan berdasarkan sumber ini ternyata hewan itu bernama "Reno". Emh namanya kok seperti nama manusia ya? :v Kemudian saya cari lagi dari sumber lain. Dan berdasarkan sumber yang itu, ternyata hewan itu memang masih sejenis dengan kelabang, namanya adalah lipan halimanyar. Ckckck, saya kok baru tahu. Kemudian saya cari lagi di mbah gugel dengan kata kunci "lipan halimanyar". Dan saya mendapatkan informasi dari sini, bahwa hewan itu berbahaya kalau masuk ke telinga, hidung, atau yang lainnya (tapi kalau dipikir-pikir semua hewan berbahaya kalau begitu), serta hewan ini juga punya sebutan lain seperti rena/lena/leunyay. Ya begitulah yang saya dapat, sampai sekarang memang belum menemukan sumber yang kuat dan akurat. Hehe. 

Ohiya, untuk gambarnya saya memang tidak akan menge-post-nya di blog saya ini atau media saya lainnya. Karena saya memang sengaja tidak (tidak mau) memfotonya dan tidak men-download gambarnya. Jika penasaran, silahkan cari sendiri :P

18 comments:

  1. Post ini menggugah saya untuk segera menyalakan hit electric dengan harapan bisa membunuh binatang itu kalau ada di dalem kamar ._.

    ReplyDelete
  2. Kasih sambal biar mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak keburu ntar, kan sambalnya nguleg dulu hhe

      Delete
  3. Di rumahku juga ada tpi kalo lg musim ujan tok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lagi musim hujan ni kak, hati hati kalo gitu. Tapi aku baru liat sekali itu sih :D

      Delete
  4. Di rumahku juga ada tpi kalo lg musim ujan tok

    ReplyDelete
  5. wah bahaya tuh gan klo abis megang hewan tersebut usahakan lngsung cuci tangan pake sabut jangan kucek mata klo abis megang hewan itu karna bisa bengkak soalnya udah ada kasus di kampung saya seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh gitu ya kak. Trimakasih informasinya :)

      Delete
  6. Tadi ada hewan itu nempel di jari saya. Lngsung saya kipatkan dgn histeris tapi herannya hewannya sudah ndak ada tapi di jari saya masih ada bekas menyala hijau glowing. Alhamdulillah jari saya baik2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah :)
      Tapi ngeri juga sih sampe nempel di jari :o

      Delete
  7. Anonymous25/1/17 21:45

    Nama spesies : Geophilus carpophagus / easoni

    ReplyDelete
  8. saya nemu satu d tembok kamar tidur..
    ini fotonya setelah saya tangkap dengan solasi..
    https://postimg.org/image/k0g11tyo1/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampai difoto hehe. Tapi terima kasih karena telah hanya menyertakan link-nya saja di sini :D

      Delete
  9. keyword searchnya yang bener tuh soil centipede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah ngasih tau keywordnya.. tapi sepertinya udah ga mau nyari lagi :D

      Delete
  10. Saya baru pindah rumah n ini lagi musim2 nya hujan 1 hari ini aja udah dpt hampir 15 ekor mau nangis rasa nya mana di rumah cuma ada 2 org emang sih rumahnya udah lama gak di tunggu yg punya. Saya bingung membasmi ny gmna😭😭😭😭 tlg donk kasi saran nyari di google gak ada yg benar2 ngasi tips yg jelas😭😭.

    ReplyDelete
  11. Saya baru pindah rumah n ini lagi musim2 nya hujan 1 hari ini aja udah dpt hampir 15 ekor mau nangis rasa nya mana di rumah cuma ada 2 org emang sih rumahnya udah lama gak di tunggu yg punya. Saya bingung membasmi ny gmna😭😭😭😭 tlg donk kasi saran nyari di google gak ada yg benar2 ngasi tips yg jelas😭😭.

    ReplyDelete

back-to-top
Berteman